Senin, 27 April 2009

TERIMA KASIH TUHAN ATAS BERKAT-MU



Hari Sabtu tanggal 25 April 2009 yang lalu, CARREFOUR Bubutan Surabaya, mengadakan lomba Fashion Show anak- anak dalam rangka Hari Kartini 2009. yang diikuti anak-anak TK dan SD se Surabaya. ( usia 04 - 12 Tahun )...Berkat Tuhan senantiasa ada pada anak-anak kami SDK St Vincentius Surabaya, dari kegiatan tersebut kami menyabet 3 juara al: juara ke-2, dan 2 juara favorit...Luar biasa, Brenda, Cikita,dan Adelin calon-calon Miss Indonesia, ataupun Miss Universe..Proficiat anakku..
JIKA SESEORANG INGIN MENCAPAI PRESTASI BESAR DAN BERGUNA BAGI BANYAK ORANG SERTA DIKENANG MELEBIHI USIA HIDUPNYA DI DUNIA, IA HARUS BEKERJASAMA DENGAN ORANG LAIN.
AYO KITA SEBAGAI ORANG TUA YANG BIJAK " MENGGIRING " ANAK KITA AGAR DAPAT MENUJU KEDEWASAAN YANG BERTANGGUNG JAWAB...SETUJU KAN.

Kamis, 23 April 2009

AYO KUMPUL-KUMPUL



Foto tempoe doeloe dan sekarang, aku ada di tengah dengan sobatku
ANDA INGIN BERNOSTALGIA....
ANDA ALUMNUS SDK ST VINCENTIUS SURABAYA ....TAHUN BERAPA AJA DEH...
AYO KITA KUMPUL -KUMPUL, BERBAGI PENGALAMAN...SUKA DUKA DALAM PERJUANGAN HIDUP...
KARENA TAHUN DEPAN 60 TAHUN SUDAH SEKOLAH KITA ADA.
ANDA TERTARIK...AYO ..HUBUNGI AKU..THOMAS DA SILVA ANGKATAN 1975 DENGAN NO INDUK 2883, DI BLOG INI ATAU SMS 0817313560. Email : thoms_dasilva@yahoo.com...KUTUNGGU CHOII

Minggu, 19 April 2009

SOSIALISASI UASBN

( foto; Ujian Praktek membuat batik celup..asik je..)
Pada hari Sabtu, tanggal 18 April 2009 kemarin kami dari pihak SDK St Vincentius menghadirkan orang tua siswa kelas 6, untuk mensosialisasikan UASBN, dengan tujuan agar orang tua juga ikut mendampingi putra-putrinya yang duduk di kelas 6. Isi dari pertemuan itu a.l

Dasar Penyelenggaraan UASBN
.> UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS
.> Peraturan pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
.> Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 82 Tahun 2008 tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN ) untuk SD /MI / SDLB tahun Pelajaran 2008 / 2009

Tujuan UASBN
.> Menilai Pencapaian Kompetensi lulusan secara Nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam

.> Mendorong tercapainya wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu

Hasil UASBN
• Pemetaan mutu satuan Pendidikan
• Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
• Penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
• Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
• Sekolah / Madrasah yang dapat menyelenggarakan UASBN adalah sekolah/madrasah yang memiliki fasilitas ruang yang layak dan persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Penyelenggara UASBN tingkat Kabupaten/ Kota

 Sekolah / Madrasah yang dapat menyelenggarakan UASBN adalah sekolah/madrasah yang memiliki fasilitas ruang yang layak dan persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Penyelenggara UASBN tingkat Kabupaten/ Kota


Jadwal UASBN

N0 HARI /
TANGGAL WAKTU MATA PELAJARAN
1. Senin, 11 Mei 2009 08.00 – 10.00 Bahasa Indonesia
2. Selasa, 12 Mei 2009 08.00 – 10.00 Matematika
3. Rabu, 13 Mei 2009 08.00 – 10.00 I P A
4. Kamis, 14 Mei 2009 07.30 – 09.30 1.Pend Agama
10.00 – 12.00 2.PKN

5. Jumat, 15 Mei 2009 07.30 – 09.30 I PS

6. Sabtu, 16 Mei 2009 07.30 – 09.30 1. Bahasa Jawa
10.00 – 12.00 2. Bahasa Inggris


SELAMAT BERJUANG PAHLAWAN MUDA.....DOAKU MENYERTAIMU

Senin, 06 April 2009

Ber PTK ria di Sekolahku je


Pada hari Senin tanggal 6 April 2009, Para Kepala Sekolah dan para Guru SDK St Vincentius Surabaya mengadakan Workshop PTK yang dipandu oleh Prof. Dr. Kisyani Laksono Guru Besar dalam Bidang Ilmu Linguistik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya....luar biasa, beginilah sinopsis materinya...semoga keluarga besar SDK St Vincentius dapat ber PTK...Good Luck

PTK merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam lingkup “kelas’ dan memuat ciri-ciri:
(a) bentuk kajian yang sistematis reflektif,
(b) dilakukan oleh pelaku tindakan (guru), dan
(c) dilakukan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran

Dengan PTK, guru dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelasnya dan bagaimana mengatasi masalah itu.

Guru bertanggung jawab dan berperan aktif untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya melalui penelitian tindakan dalam proses pembelajaran yang dikelolanya.
Pembelajaran di kelas diperbaiki oleh guru itu sendiri secara sadar dan terencana dengan baik.
Dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif untuk menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif
Motivasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tumbuh dari dalam diri pendidik
Didasarkan pada identifikasi masalah nyata dan faktor-faktor penyebab masalah aktual yang dihadapi pendidik dalam pembelajarannya
Prosedur penelitian dengan siklus-siklus:
1. (reflection)>plan, action, observation, reflection >
2. plan, action, observation, reflection > …
Subjek penelitian dikenai tindakan(action) tertentu
Kerangka teori harus kuat untuk menunjang pemecahan masalah dan pelaksanaan tindakan

• Masalah pembelajaran, misalnya masalah belajar dan miskonsepsi.
• Desain dan strategi pembelajaran, misalnya masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran, implementasi dan inovasi metode pembelajaran, interaksi belajar-mengajar .
• Alat bantu, media dan sumber belajar, misalnya masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas.
• Sistem asesmen proses dan hasil pembelajaran, misalnya masalah evaluasi awal dan akhir pembelajaran, pengembangan instrumen asesmen berbasis kompetensi.
• Pengembangan pribadi peserta didik dan pendidik, misalnya peningkatan kemandirian dan tanggung jawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan dalam pembelajaran, peningkatan konsep diri peserta didik

Kelengkapan dan Sistematika Usulan (salah satu alternatif)
• Sampul Usulan Penelitian
• Halaman Pengesahan Usulan Penelitian
• Judul Penelitian
• Mata Pelajaran
• Latar Belakang Penelitian
• Rumusan Masalah
• Tujuan Penelitian
• Manfaat Penelitian
• Kajian Pustaka
• Metodologi/Prosedur Penelitian
• Jadwal Penelitian
• Personalia Penelitian
• Biaya Penelitian
• Daftar Pustaka
• LAMPIRAN

Jumat, 03 April 2009

TEST KEMAMPUAN DASAR KELAS 3


Hari/ Tanggal : Sabtu, 4 April 2009, kami dari pihak sekolah mengundang para orang tua murid kelas 3 untuk bersosialisasi tentang TKD dengan materi sbb:
TES KEMAMPUAN DASAR (TKD
CALISTUNG
KELAS III TAHUN 2009
* Ketika murid sudah melampaui materi kelas III
semester 2, murid harus tuntas dalam penguasaan
Tiga Kemampuan Dasar (TKD) membaca,
menulis dan berhitung.
* Peran Guru kelas I,II,III sangat penting dalam
mengantarkan murid menguasai TKD yang masih dalam
tahap berfikir konkrit, sehingga manakala naik ke tingkat
di atasnya kelas IV yang sudah menginjak tingkat berfikir
abstrak akan mengalamai hambatan apabila TKD belum
dikuasai, sehingga prestasi murid tidak bisa maksimal.
* TKD Calistung kelas III SD ini tidak
menentukan naik tidaknya murid.

TUJUAN

1. Memberi umpan balik bagi guru kelas I,II,III
dalam mempersiapkan murid dan motivasi prestasi
di jenjang berikutnya.
2. Sebagai deteksi dini sekolah sejak tingkat berapa
sebenarnya kelemahan murid diketahui, sehingga
dapat memperbaiki dan memotivasi keseluruhan
program pembelajaran, agar prestasi dapat
ditingkatkan.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan

* Waktu :
Tes Kemampuan Dasar (TKD) Calistung di
laksanakan minggu ke IV bulan Mei 2009, secara
bersama, tanggal 26 dan 27 Mei 2009
* Tempat Pelaksanaan :
Sekolah Dasar masing-masing di wilayah kota
Surabaya
NO Hari / Tanggal Waktu Materi
1. Selasa, 26 Mei 2009 07.00 - 08.10 Membaca
08.30 – 09.40 Menulis
2. Rabu, 27 Mei 2009 07.00 – 08.10 Berhitung

Jumlah Soal
Membaca = 40 soal = 70 menit
Menulis = 40 soal = 70 menit
Berhitung = 30 soal = 70 menit

Bentuk Soal

1. Pilihan Ganda
2. Isian
3. Uraian Singkat