Jumat, 29 Agustus 2008

AKU DAN SAUDARAKU DATANG KE...



o Pusat Kerajinan Gerabah Dusun Banyumulek
Tempat yang secara khusus untuk membuat kerajinan gerabah, orang – orang yang dapat membuat memang yang mempunyai ketrampilan khusus dan itu butuh latihan dan waktu, karena proses untuk menjadi gerabah yang siap dipasarkan memerlukan tahapan – tahapan dan waktu lama. Tetapi jika sudah jadi hasilnya sangat indah dan menarik.
o Pusat Kerajinan Tenun Ikat Desa Rambitan
Tempat ini juga khusus untuk membuat kerajinan tenun, mereka yang mengerjakan adalah gadis – gadis desa ini. Para gadis di desa ini diwajibkan bisa menenun sebagai tanda mereka beranjak dewasa. Tenunan yang mereka hasilkan sangat halus dan indah. Motif – motifnya khas motif Lombok. Harga tenunan yang ditawarkan dari yang puluhan ribu sampai jutaan tersedia di tempat ini.

o Dusun Tradisional Sasak
Desa tradisional Sasak ini adalah desa yang benar – benar masih asli, penduduknya asli suku Sasak, rumah yang mereka tempati beratapkan daun alang – alang dalam kurun waktu 10 tahun atap – atap mereka baru diganti yang baru, lantai rumah mereka terbuat dari tumpukan tanah yang dipoles dengan kotoran sapi / kerbau tujuannya agar tidak mudah pecah dan penolak binatang buas. Para penduduk asli Suku Sasak, mereka menikahkan putra- putrinya tidak dari luar daerahnya, tetapi harus dengan saudaranya sendiri dari desa itu juga.
o Pusat Kerajinan Mutiara
Di tempat ini sangat menyenangkan karena kami melihat begitu banyak dan indah mutiara – mutiara yang dipajang di estalase toko – toko. Mereka menawarkan dengan harga yang tidak mahal. Mutiara yang dipasang ada dua macam yaitu mutiara air laut yang harganya lebih mahal dan mutiara air tawar yang harganya lebih murah. Ketrampilan tangan mereka memang boleh dikagumi, karena dapat membuat mutiara – mutiara itu menjadi bentuk gelang, cincin, kalung, bros, giwang, liontin yang semuanya menjadi sangat menarik.
o Musium Banjar Sandi
Musium yang terletak di Bali ini merupakan tempat budaya masyarakat Bali. Bangunan khas Bali, di dalam Musium ini ada diorama – diorama yang menceritakan perjuangan masyarakat Bali. Selain itu juga ada menara yang tinggi, siapa yang naik diatas menara dapat melihat keindahan pulau Bali dari atas menara.
o Bali Classic Centre
Tempat ini adalah tempat beraneka budaya yang ada di Bali. Bali Classic Centre ( BCC ) menyimpan miniaturnya semua kebudayaan Bali.

Pertama masuk di BCC ini disambut dengan Tarian Sekar Jagad sebagai tarian selamat datang, diteruskan dengan Tarian Barong, tarian ini ditarikan setiap 6 bulan sekali yaitu pada hari raya Galungan. Kemudian ada boneka Ogok – Ogok dibuat 1 tahun sekali yaitu pada upacara Nyepi dan dibawa ke kuburan / dibakar untuk membuang hal – hal yang tidak baik. Ada sesajen yang menurut orang Bali dilakukan 3 kali sehari. Kemudian ada Dewi Sri sebagai simbol rejeki ( padi), pembuatan minyak terusan yaitu minyak yang dibuat dari kelapa, ada upacara potong gigi sebagai simbol kedewasaan bagi masyarakat Bali. Dan diceritakan juga tentang upaca Ngaben dengan menggunakan Naga Banda yaitu perlengkapan Ngaben, sebelum Ngaben mayat – mayat itu diberi pengawet agar tidak membusuk. Setelah itu disuguhi tarian Cendrawasih, tari Cauk Manis, Tari Barong Macan dan Tari Pergaulan. Dari BCC ini kami mendapatkan pengetahuan kebudayan baru bahwa ternyata di Bali Itu begitu kayanya akan budaya – budaya luhur yang tidak dimiliki oleh daerah lain.
o Garuda Wisnu Kencana,
Garuda Wisnu Kencana ( GWK ) sebuah tempat yang didalamnya ada sebuah Patung Raksasa. Tempat itu berada dikawasan perbukitan batu kapur. Ditempat ini pula akan dibangun relief yang ,menceritakan kisah Ramayana sehingga dapat dijadikan obyek wisata.
Semua tempat dari kunjungan pembelajaran ini sangat berguna bagi perkembangan diriku
 Perasaan senang / gembira selalu ada diwaktu kunjungan pembelajaran ini. Terlebih aku bersyukur pada Tuhan karena mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini, dalam suasana gembira...dan mengeluarga

 Untuk pengetahuanku, pengalaman yang tidak ternilai ini sangat menambah ilmu pengetahuan , baik itu pengetahuan tentang wawasan kebudayaan, pengetahuan tentang alam, dan informasi – informasi baru yang selama ini belum aku dapatkan. Yang pasti pengetahuanku semakin diperkaya dari kunjungan pembelajaran ini.Aku dan saudara-saudaraku se yayasan sangat senang..begitu kan saudara
....Terima kasih Tuhanku...

Tidak ada komentar: