SOSIALISASI PROGRAM KELAS TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010
• Arti Penting Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.
• Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik antara lain :
1. Pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar.
2. Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
3. Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa, sehingga hasil
belajar dapat bertahan lebih lama.
4. Membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa.
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan
yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya.
6. Mengembangkan keterampilan sosial siswa seperti kerjasama, toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
• Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik antara lain :
1. Pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar.
2. Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
3. Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa, sehingga hasil
belajar dapat bertahan lebih lama.
4. Membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa.
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan
yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya.
6. Mengembangkan keterampilan sosial siswa seperti kerjasama, toleransi komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
. Rambu rambu tematik
1. Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan.
2 Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester.
3. Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk
dipadukan.
Kompetensi dasar yang tidak diintegrasikan dibelajarkan secara tersendiri.
4. Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap
diajarkan baik melalui tema lain maupun disajikan secara tersendiri.
5. Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca, menulis
dan berhitung serta penanaman nilai – nilai moral.
6. Tema – tema yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa, minat,
lingkungan dan daerah setempat.
Standart Ketuntasan Minimal
a. Agama : 7,5
b. Pkn : 7,0
c. B. Indonesia : 7,0
d. Matematika : 6,5
e. I P A : 7,0
f. I P S : 7,0
g. Olah raga : 7,0
h. K T K : 7,0
i. Mulok : 6,5
Nilai Sikap :
Nilai sikap juga menentukan kenaikan siswa, dengan standard minimal B ( BAIK )
Penilaian / Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, lisan, praktek, unjuk kerja , dll dilaksanakan setiap hari pada akhir pertemuan
1. Ulangan Harian dilaksanakan setiap akhir KD (Kompetensi Dasar) / akhir tema
2. Ulangan perbaikan / Remidial tes hanya diberikan kesempatan 1 X
3. Ulangan Tengah Semester I. tgl. 15 – 20 Sep 2009 II. tgl. 16 – 21 Mar 2010
4. Ulangan Akhir Semester I. tgl. 1 – 6 Des 2009 II. tgl. 25 – 30 Mei 2010
Kriteria Kenaikan Kelas
Siswa dinyatakan naik kelas apabila :
1.Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 25% dari jumlah mata pelajaran yang diajarkan di kelasnya masing – masing.
2 Memiliki nilai minimal baik pada aspek kepribadian.
3 Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester pada kelas yang diikuti.
Catatan :
Sekolah dapat menetapkan kriteria kenaikan kelas dengan jumlah mata pelajaran yang belum tuntas lebih dari 25% atau kurang dari 25%, atas pertimbangan komite sekolah.
Remidi / Pengayaan
Diikuti seluruh siswa pada hari Selasa dan Rabu.
Jadi untuk hari Selasa dan Rabu pulang pkl. 12.45 WIB
RUMUS PENGOLAAN NILAI RAPORT
Rt2 Ul H+Rt2 tugas/PR+UTS+UAS
4
MATERI UAS
Semua materi yang diajarkan di semester itu.
NILAI BAHASA INDONESIA
Meliputi 4 aspek (Mendengar, membaca, menulis, berbicara) Dinilai dengan rumus seperti diatas untuk setiap aspek~>Dirata-rata menjadi 1 nilai
Penerimaan raport
Penerimaa raport tengah semester
I. tgl. 27 Sep 2008 II. tgl. 4 Apr 2009
Penerimaan raport semester
I. 23 Des 2008 II. 13 Jun 2009
UNTUK DIPERHATIKAN
PR/tugas :
* Wajib dikumpulkan tepat waktu * Dikerjakan sendiri oleh siswa, bukan orang tua atau guru les * Harus ditanda tangani oleh orang tua, buku Tugas
Buku Tugas dan Ulangan wajib ditandatangani org tua
Ulangan susulan diberikan jika siswa sakit, dan harus ada surat dari orang tua
Tulisan siswa, hendaknya diperhatikan karena mempengaruhi nilai.
Absensi : * Tidak masuk lebih dari 3 hari harus ada srt dokter
* Ijin lebih dari 3 hari harus sepengetahuan Kep. Sek.
* Absensi siswa juga mempengaruhi kenaikan kelas
Tidak membawa Hp ke sekolah, karena di sekolah sudah disediakan telepon umum.
SALAM HANGAT DAN TERIMA KASIH
Selasa, 28 Juli 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
semoga dengan sosialisasi program kelas ini akan menambah wawasan dan merubah cara pandang orangtua dalam mengarahkan pendidikan putra-putrinya kedepan yang lebih baik.
karakter yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula.GBU
salam sejahtera,
saya sebagai salah satu orangtua murid SDK. St.Vincentius merasa bingung dan kurang paham mengenai program 'pengayaan' yg saat ini diterapkan di skul kita.
Apa maksud program pengayaan ini? Apa kriteria anak yg bisa mengikuti program tsb?
hal ini sangat membingungkan dan ada ambiguitas di sana, karena ternyata standart yg diterapkan oleh guru kelas dalam memilih siswa yg berhak mengikuti program ini tidak sama.
Lalu, mengapa jam belajar di kelas 3-6 dikurangi?
Saya pikir hal ini malah tidak memaksimalkan penyampaian bahan pelajaran kpd murid mengingat keterbatasan waktu.
Bahkan hal ini jg menyebabkan kesimpangsiuran sehingga orangtua yg menjemput anaknya acapkali 'kecele' karena jam pulang mulai senin-sabtu berubah2.
Demikian hal-hal yg ingin kami tanyakan dan telah kami sampaikan. Harapan kami, dapat memperoleh tanggapan dan penjelasan lebih lanjut.
Terimakasih. GBU
Posting Komentar