Minggu, 23 Agustus 2009

Pembiasaan di SDK St Vincentius


Outline
Pembiasaan Vincentian

KELAS 1
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Santo Vincentius

Semester I

Pelajaran 1 Santo Vincentius dan Keluarganya
Pelajaran 2 Cita-cita Santo Vincentius

Semester II

Pelajaran 1 Mencari Kehendak Tuhan
Pelajaran 2 Menjawab Panggilan Tuhan
Pelajaran 3 Berkarya bagi Tuhan

KELAS 2
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Santa Louisa

Semester I

Pelajaran 1 Santa Louisa dan Keluarganya
Pelajaran 2 Masa Kecil Santa Louisa
Pelajaran 3 Cita-cita Santa Louisa

Semester II

Pelajaran 1 Menjawab Panggilan Tuhan
Pelajaran 2 Serikat Putri Kasih
Pelajaran 3 Santa Louisa dan Anak-anak
Pelajaran 4 Pengorbanan Suster Louisa

KELAS 3
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Santa Chatarina Laboure

Semester I

Pelajaran 1 Santa Chatarina Laboure dan Keluarganya
Pelajaran 2 Masa Muda Santa Chatarina Laboure
Pelajaran 3 Perjuangan Hidup Santa Chatarina Laboure
Pelajaran 4 Cita-cita Santa Chatarina Laboure

Semester II

Pelajaran 1 Pengalaman Iman Santa Chatarina Laboure
Pelajaran 2 Penampakan Bunda Maria kepada Santa Chatarina Laboure
Pelajaran 3 Pesan Bunda Maria kepada Santa Chatarina Laboure
Pelajaran 4 Sikap Hidup dan Pelayanan Santa Chatarina Laboure

KELAS 4
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Yohanes Gabriel Porboyre

Semester I

Pelajaran 1 Yohanes Gabriel Porboyre dan Keluarganya
Pelajaran 2 Masa Muda Yohanes Gabriel Porboyre
Pelajaran 3 Perjuangan Yohanes Gabriel Porboyre
Pelajaran 4 Cita-cita Yohanes Gabriel Porboyre

Semester II

Pelajaran 1 Keutamaan-keutamaan Yohanes Gabriel Porboyre
Pelajaran 2 Sikap hidup Yohanes Gabriel Porboyre
Pelajaran 3 Berani Berkorban seperti Yohanes Gabriel Porboyre
Pelajaran 4 Berani Mengungkapkan Kebenaran seperti Yohanes Gabriel Porboyre

KELAS 5
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Beata Rosalie Rendu

Semester I

Pelajaran 1 Masa Kecil Beata Rosalie Rendu
Pelajaran 2 Cita-cita Beata Rosalie Rendu
Pelajaran 3 Mengenal Orang Miskin di Masa Kini
Pelajaran 4 Karya Nyata bagi Orang Miskin di Masa Kini

Semester II

Pelajaran 1 Karya-karya Beata Rosalie Rendu
Pelajaran 2 Kegigihan Beata Rosalie Rendu
Pelajaran 3 Keberanian Beata Rosalie Rendu
Pelajaran 4 Buah-buah Perjuangan Beata Rosalie Rendu

KELAS 6
Mengenal Pribadi dan Keutamaan Beato Frederick Ozanam

Semester I

Pelajaran 1 Riwayat Singkat Beato Frederick Ozanam
Pelajaran 2 Cita-cita dan Perjuangan Beato Frederick Ozanam
Pelajaran 3 Karya Nyata Beato Frederick Ozanam
Pelajaran 4 Kharisma Beato Frederick Ozanam

Semester II

Pelajaran 1 Keutamaan-Keutamaan Beato Frederick Ozanam
Pelajaran 2 Mengenali Kondisi Masyarakat Dewasa Ini
Pelajaran 3 Mengenali Tindakan yang Selaras dengan Keutamaan
Beato Frederick Ozanam
Pelajaran 4 Melakukan Aksi Nyata Sesuai Teladan Beato Frederick Ozanam


Pola Tiap Pelajaran:

A. Doa Pembuka
Berisi doa singkat 2-3 kalimat seputar topik yang hendak dipelajari. Bisa juga disajikan sebuah lagu pendek yang sederhana sesuai topik yang dipelajari.
B. Kisah Teladanku
Berisi masukan tentang kisah hidup tokoh/situasi/nilai/keutamaan yang hendak dipelajari, baik berupa bacaan, pengamatan gambar, mendengarkan cerita, maupun yang lain seputar topik yang hendak dipelajari. Boleh juga diambil dari bacaan Kitab Suci yang disarankan (lihat silabus). Khusus Bacaan Kitab Suci, bahasa disedehanakan dan dikemas sebagai cerita (tidak ditampilkan perikopa standar).
C. Aku Sudah Tahu
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuat berdasarkan point B.
D. Aku Mau Berusaha
Berisi aneka kegiatan (disajikan salah satu saja yang relevan) untuk membantu anak-anak mendalami dan menginternalisasi nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan yang memancar dari tokoh idolanya (B-C). Macamnya: permainan, diskusi, mewarnai gambar, main drama, pengamatan, TTS, dan lain sebagainya.
E. Aku Mau Berubah
Berisi pembiasaan-pembiasaan yang membantu siswa mengubah pola-pikir, sikap, perilaku, bahkan cita-cita hidupnya sehingga lebih sesuai dengan nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan yang hendak diperjuangkan Si Tokoh Idola. Kegiatan-kegiatan di bagian ini lebih bersifat refleksif: bisa membaca, mencermati gambar, mendengarkan guru, wawancara, diskusi, dan sebagainya seputar upaya mengkaitkan topik yang dipelajari (nilai-nilai dan keutamaan-keutamaan Si Tokoh Idola) dengan realitas hidup sehari-hari.
F. Doa Penutup
Berisi ucapan syukur atas kesempatan yang diberikan untuk meneladan Si Tokoh Idola, mohon kekuatan agar mampu menjadi anak yang lebih baik. Bisa juga dituangkan dalam lagu, puisi doa, atau yang lain.

Catatan:
Outline ini disiapkan berdasarkan kurikulum dan silabus yang sudah dipersiapkan oleh Tim Penyusun yang terdiri atas tokoh-tokoh pendidikan Sekolah-Sekolah Vincentius. Sajian materi dalam setiap pelajaran diusahakan semaksimal mungkin mengacu/mendasarkan pada silabus yang sudah disusun.

Selasa, 11 Agustus 2009

Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru



Hallo teman-teman..
Aku merasa bersyukur dapat mengikuti PLPG di Tuban 3-11 Agustus 2009, aku mempunyai banyak pengalaman yang berarti melalui pelajaran yang kudapat, persaudaran yang kudapat dan segalanya...teman-temanku sangat mendukung aku dalam mengembangkan profesionalitasku, kita bergandengtangan dalam mengembangkan karir melalui tutor yang baik...semoga hasil PLPG ini dapat aku berikan kepada sekolahku sebagai warna baru dalam memberi pelayanan dan pendampingan peserta didik....ini teman-teman 1 kelasku :
DAFTAR PESERTA PLPG GELOMBANG 3 KELAS 312D ( Nama sekolah..dan Alamat Rumah loh )
1A.Supringatin SDN Cancung 1 Kec. Bubulan Bojonegoro Ds. Cancung RT08 RW03 Bubulan Bj.Negoro
2Minanur Rochim SD Integral Likman hakim Bojonegoro Telp. 0353 7705344 / 885344 Jl. Mongoinsidi kampung baru 1 no. 6 Bojonegoro Telp. 0353 882568
3Rumiati SDN Klotok 2 Gresik Desa Klotok Kec. Balungbanggang-Gresik Telp031 7922116
4MuliasihSDN Kayen 2 JombangJl. Lengkong Gg.Pudok no. 3Banaran Kec. Kertosono Nganjuk
5Heni MardiningsihSD IT Al Anwar MojokertoJl. Raya Sidomulyo 34 Banggsal Mojokerto
6SupiyahSDN Radegan Sidoarjo Kepatihan RT02 RW01 Sidoarjo Ttelp 031 8850739
7Nanik ayatiSDN Sambibulu 1 Taman Sidoarjo Desa Sambibulu RT 23 RW 04 Taman Sidoarjo
8PartiniSDN Sendang harjo 1 Jl. Lidah Sucipto Perbon Tuban
9Sri Hartutik SDN Sumber Rejo TubanJl. Basuki Rahmat Gg. Serut no 99-B 0356 326024
10 Srinah Al Sriyati SDN t Tergayang 03 Tuban Desa Kuntoro RT 06 RW 01 Kec. Soko
11Brenda ThomasowaSDKr Masa depan cerah SurabayaJl. Brigjen Katamso 5F no. 6 Sidoarjo
12Dian Aslikah SDN Greges n0. 129SurabayaJl. Marabahan Gg. 2 no. 10 GKB Gresik Telp. 031 3959459
13SriyatiSDN Dukuh Pakis2 / 487 SurabayaJl. Bogangin Baru G / 18 Kedurus SBY
14Nuris Suciati Sekolah Kreatif SD Muh 16 SurabayaJl. Medoan semampir Blok K no. 18 Telp. 031 83247168
15Fransiska Widiastuti SDK Santo Vincentius SurabayaJl. Kali butuh Barat Gg 3 no 68 Surabaya
16Nanik SDN Bekti harjo 3 Tuban Semandingtimur Jl.Hayam wuruk RT 02 RW 05 Telp. 0356 326335
17Safwatun Nisa SDI Al FalahSemampir Kelurahan No. 37 Sukolilo SBY Telp. 031 80484376
18Atni Nurliani SDS Kemala Bayangkari 1 Jl. Nangka no 329 Sruni Gedangan Sidoarjo Telp. 031 891 3639
19Ida Nur HayatiSDI ASH Shiddiqi Surabaya Jl. Setro Baru Utara 1B no. 66 Surabaya Telp. 031 72519565
20RodiyahSDN Klampis Ngasem 3 Surabaya Jl. Keputih 3B no. 62 Sukolilo Surabaya Telp. 031 5924150
21Lina Sri Puji Astuti SDS Margie Banyu urip Kidul 2C no. 1 Telp. 031 72402467
22Sumidjan SDN Cancung 2 Bubulan Bojonegoro Ds. Cancung RT 01 RW 03 no. Kec. Bubulan Telp. 0353 7709770
23Kasiadi SDN Wringin Anom Gresik Telp. 031 8988262 Desa Prening Mojokerto
24Miswanto SDN Sambilawang 2 Mojokerto Jl. Kebon Agung Puri Mojokerto Telp. 0321 511193
25Dwi SadonoSDN Prada Kali Kendal Jl. Setro Baru Gg. 7 no. 61 Surabaya Telp 031 3822143
26Thomas da SilvaSDK St Vincencius SurabayaJl. Demak Selatan Gg. 5 no. 48 Telp. 031-5459089
HP081 7313560
27DaluriSD Laburatorium UNESA Jl. Karah 5 no. 48 Surabaya Telp. 031 70476135
28Kholil Anam SDS Siti Aminah SurabayaJl. Kebraon 2 Durian no. 1 Surabaya Telp. 031 7671971/ 087851029000


SELAMAT BERJUANG SOBAT

Selasa, 28 Juli 2009

SOSIALISASI PROGRAM KELAS

SOSIALISASI PROGRAM KELAS TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010

• Arti Penting Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.
• Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik antara lain :
1. Pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar.
2. Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
3. Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa, sehingga hasil
belajar dapat bertahan lebih lama.
4. Membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa.
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan
yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya.
6. Mengembangkan keterampilan sosial siswa seperti kerjasama, toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
• Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik antara lain :
1. Pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar.
2. Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
3. Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa, sehingga hasil
belajar dapat bertahan lebih lama.
4. Membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa.
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan
yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya.
6. Mengembangkan keterampilan sosial siswa seperti kerjasama, toleransi komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
. Rambu rambu tematik
1. Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan.
2 Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester.
3. Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk
dipadukan.
Kompetensi dasar yang tidak diintegrasikan dibelajarkan secara tersendiri.
4. Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap
diajarkan baik melalui tema lain maupun disajikan secara tersendiri.
5. Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca, menulis
dan berhitung serta penanaman nilai – nilai moral.
6. Tema – tema yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa, minat,
lingkungan dan daerah setempat.
Standart Ketuntasan Minimal
a. Agama : 7,5
b. Pkn : 7,0
c. B. Indonesia : 7,0
d. Matematika : 6,5
e. I P A : 7,0
f. I P S : 7,0
g. Olah raga : 7,0
h. K T K : 7,0
i. Mulok : 6,5

 Nilai Sikap :
Nilai sikap juga menentukan kenaikan siswa, dengan standard minimal B ( BAIK )

Penilaian / Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, lisan, praktek, unjuk kerja , dll dilaksanakan setiap hari pada akhir pertemuan
1. Ulangan Harian dilaksanakan setiap akhir KD (Kompetensi Dasar) / akhir tema
2. Ulangan perbaikan / Remidial tes hanya diberikan kesempatan 1 X
3. Ulangan Tengah Semester I. tgl. 15 – 20 Sep 2009 II. tgl. 16 – 21 Mar 2010
4. Ulangan Akhir Semester I. tgl. 1 – 6 Des 2009 II. tgl. 25 – 30 Mei 2010


Kriteria Kenaikan Kelas

Siswa dinyatakan naik kelas apabila :

1.Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 25% dari jumlah mata pelajaran yang diajarkan di kelasnya masing – masing.

2 Memiliki nilai minimal baik pada aspek kepribadian.

3 Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester pada kelas yang diikuti.


Catatan :
Sekolah dapat menetapkan kriteria kenaikan kelas dengan jumlah mata pelajaran yang belum tuntas lebih dari 25% atau kurang dari 25%, atas pertimbangan komite sekolah.
Remidi / Pengayaan
Diikuti seluruh siswa pada hari Selasa dan Rabu.
Jadi untuk hari Selasa dan Rabu pulang pkl. 12.45 WIB


RUMUS PENGOLAAN NILAI RAPORT
Rt2 Ul H+Rt2 tugas/PR+UTS+UAS
4
MATERI UAS
Semua materi yang diajarkan di semester itu.
NILAI BAHASA INDONESIA
Meliputi 4 aspek (Mendengar, membaca, menulis, berbicara) Dinilai dengan rumus seperti diatas untuk setiap aspek~>Dirata-rata menjadi 1 nilai

Penerimaan raport

Penerimaa raport tengah semester
I. tgl. 27 Sep 2008 II. tgl. 4 Apr 2009

Penerimaan raport semester
I. 23 Des 2008 II. 13 Jun 2009

UNTUK DIPERHATIKAN
 PR/tugas :
* Wajib dikumpulkan tepat waktu * Dikerjakan sendiri oleh siswa, bukan orang tua atau guru les * Harus ditanda tangani oleh orang tua, buku Tugas
 Buku Tugas dan Ulangan wajib ditandatangani org tua
 Ulangan susulan diberikan jika siswa sakit, dan harus ada surat dari orang tua
 Tulisan siswa, hendaknya diperhatikan karena mempengaruhi nilai.
 Absensi : * Tidak masuk lebih dari 3 hari harus ada srt dokter
* Ijin lebih dari 3 hari harus sepengetahuan Kep. Sek.
* Absensi siswa juga mempengaruhi kenaikan kelas
 Tidak membawa Hp ke sekolah, karena di sekolah sudah disediakan telepon umum.


SALAM HANGAT DAN TERIMA KASIH

Jumat, 22 Mei 2009

DISCOVERING GOD


Menemukan Tuhan dalam Kepramukaan Sejati
Latar Belakang :
Periode abab ke 21 dunia ini membawa peradaban yang menuntut manusia berpola pikir kritis, sehingga dapat membedakan tawaran positif ataupun negatif demi berkembangnya peradaban itu sendiri. Nilai –nilai sosial mulai dikaburkan oleh makluk Tuhan yang luhur ini, relasi lebih bersifat fungsional dan habitat manusia yang dimanusiakan mulai ditinggal demi keegoan diri. Manusia mulai kehilangan jati diri, arah perjalanan hidup hanya karir dan perjuangan – perjuangan semu. Padahal dalam pesan terakhir tokoh kepanduan dunia Robert Stevenson Smith Baden Powell mengatakan :
”Saya yakin, Tuhan menciptakan kita dalam dunia yang bahagia ini untuk hidup berbahagia dan bergembira. Kebahagiaan tidak timbul dari kekayaan, juga tidak dari jabatan yang menguntungkan , ataupun dari kesenangan bagi diri sendiri. Jalan menuju kebahagiaan ialah membuat dirimu lahir dan batin sehat dan kuat pada waktu kamu masih kanak-kanak. Sehingga kamu berguna bagi sesamamu dan dapat menikmati hidup, jika kamu kelak telah dewasa, jalan nyata untuk menuju kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain, dan bila giliranmu untuk meninggal maka kamu akan meninggal dengan puas...( Pesan terakhir B.P. 8 /01/ 1941 ) Hal ini juga tersurat dalam Ucapan Bahagia Yesus saat kotbah di Bukit bersama para murid-Nya ( Mat 5 : 1- 12 ). Bagaimana Yesus sebagai Gembala Agung mengajak para murid-Nya agar para murid mau mewartakan ajaran-Nya demi kebahagian mereka dan sesama. Kita sebagai pembina Pramuka yang juga notabene murid Yesus , so guys…what you have done for Him?
Kalau aku menabur pikiran, aku akan menuai perbuatan.
Kalau aku menabur perbuatan, aku akan menuai kebiasaan.
Kalau aku menabur kebiasaan,aku akan menuai karakter.
Ketika aku menabur karakter,aku sedang mengukir takdir.
Samuel Smiles

Permasalahan :
Dalam arus pola pelatihan dan pendampingan bagi peridukan/ regu dalam wadah kepramukaan hendaknya semakin memerdekakan dan membawa ke arah positif yang bermuara pada keselamatan jiwa anak didik serta menjunjung tinggi harkat dan martabatnya sebagai manusia yang berbudi luhur
Tugas seorang pembina pramuka adalah :
Sebagai pelayan yang bertanggung jawab atas proses kedewasaan dan kemandirian anak didiknya yang harus kita pertanggungjawabkan di mata Allah Sang Pencipta.
Dalam pendampingan di era persaingan global dan kemajuan Iptek ini, seorang pembina pramuka harus benar-benar menyelami jiwa anak didik, dan apa yang harus kita perbuat sehingga mengarah pada proses pendewasaan yang bertanggungjawab.
Program pendampingan disesuaikan dengan visi, misi yang telah ditetapkan oleh lembaga masing-masing, dan tingkat perkembangan anak didik, ( siaga/penggalang) maka perlu adanya pendekatan hati dalam setiap kegiatan dan bagaimana agar kita dapat membawa anak didik untuk dapat menemukan Tuhan . ( Discovering God )

INCARNATIONAL EVANGELIZATION
Sebuah kabar gembira tentang kepribadian Tuhan Yesus, dalam kata-kata dan perbuatan mendorong pembentukan sebuah kepercayaan yang mengarah pada anak didik untuk bertemu dengan Allah dalam konteks kehidupan dan dalam kehidupan orang lain, yang ada di masyarakat realistis.

LIBERATIVE DIMENSION
Panggilan iman anak didik ke arah solidaritas dan ungkapan kasih bagi orang miskin. Berharap membawa anak didik untuk bekerja berdampingan dengan masyarakat miskin dalam perjuangannya untuk membebaskan dari situasi yang menyesakkan.

INCLUSIVE DIMENSION
Berpusat pada iman kristiani yang bertujuan untuk pengembangan pribadi anak didik dalam pengertian dan tingkah laku menuju manusia baru, agar dapat hidup secara seimbang dalam komunitasnya.

INCULTURATED DIMENSION
Keimanan anak didik yang dapat menyebarkan kabar gembira dengan “ perilaku, tutur kata, metode dan ekspresi”. Dalam hal ini dibutuhkan panggilan iman anak didik dalam konteks dan keadaan kehidupannya dalam lingkup sosial.

REIGN / KINGDOM FOCUSED DIMENSION
Penghayatan iman dengan mengembangkan kesadaran yang teguh dari anak didik dalam memusatkan kekuasaan Tuhan pada kehidupan Kristiani.

Dalam pendampingan kepada anak didiknya ( siaga/penggalang ) Para pembina
( yanda, bunda, pakcik, bucik, ataupun kakak Pembina dengan segala materi yang ada dapat menggunakan 3 metode Discovering God, yaitu :
1. SEE : melihat
2. JUDGE : menilai
3. ACT : bertindak

Melihat : Menganalisa pengalaman sosial yang ada di masyarakat dengan mencoba mengerti artinya dan menemukan struktur permasalahan untuk mengidentifikasi masalah.

Menilai : Analisa yang direfleksikan secara hati-hati dan bersumber pada cahaya Injil dan tradisi Kristiani.
Langkah ini menunjukkan kerja Tuhan dalam kehidupan dan perjuangan kaum miskin bagaimana Yesus merespon tangisan kaum miskin dan peluang bagi pengikut Yesus.

Bertindak: Refleksi yang terkonsentrasi dalam tindakan yang sesuai dengan pesan Yesus dalam kehidupan Kristiani . ( merefleksikan apa yang sudah dikerjakan dan mengerjakan apa yang sudah direfleksikan )

Bagaimana kita sebagai Pembina Pramuka yang berpangkalan di Sekolah Katolik yang berkarakter Vincentian ?

Kepribadian pokok Vincentian ialah mewartakan Injil keselamatan yang integral kepada orang miskin dan dalam segala aktifitas program gugus depan. Kepribadian pokok inilah yang menjadi spiritualitas vincentian sebagaimana yang diteladankan Santo Vincentius dan para pendiri tarekat dan organisasi vincentian .Bagaimana anak didik dapat memiliki karakter yang membuatnya semakin manusia dan bagaimana kita satu sama lain dapat saling membantu agar menjadi manusia utuh. Tugas ini yang harus kita emban selaku pembina pramuka, sehingga program apa yang harus kita lakukan yang pada era terdahulu lebih dikenal sebagai pramuka peduli.

Mungkin kadang-kadang kita menggerakkan anak didik kita mengumpulkan dana untuk membantu orang miskin atau kurban bencana. Cukupkah ini ? Sudahkan kita menanamkan nilai karakter vincentian kepada anak didik sejak dini, melalui pesta siaga, temu galang, persami, atau sejenisnya ? Pembina pramuka yang mengedepankan nilai vincentian hendaknya berfikir lebih jauh akan pananaman nilai.( caracter building ) Atau mungkin kita beranggapan sudah ada yang berusaha memikirkan penanaman nilai-nilai vincentian ini, sehingga kita EGP.
Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Katolik dengan karakter vincentian haruslah memiliki nilai beda, janganlah orang beranggapan kita sebagai pembina hanya mengajar tepuk suka cita, ataupun tali temali yang membuat anak didik berimajinasi negatif...Akhirnya Roh Vincentius dan Louisa harus ada dalam setiap kegiatan kepramukaan kita , sebagai keseimbangan intelektual yang kompetitif dan ayo kita bawa anak didik kita menuju peradaban yang membuat Guru Agung kita senyum dan tertawa lebar. ( epilog : kita akan berbahagia bila di Surga kita berjumpa dengan orang-orang yang kita selamatkan. It was well, it is well, it will be well )

God Luck


Terinspirasi dari :

1. DC Christian Living Series
Kindergarten “ Discovering God :
2. DC Christian Living Series
Grade Six “ Sharing In Jesus Mission”
3. Forum Pendidikan Vincentian oleh Rm Sad Budi, CM
4. Pesan Baden Powell yang terakhir
5. Penuntun doa dan meditasi oleh Th .Aq.M. Rachadi Widagdo, Pr
( *) Ketua pembiasaan vincentian yayasan St Louisa

Senin, 11 Mei 2009

Selamat Berjuang Anakku ..Ucap "Kak Seto "



Pada hari Senin tanggal 11 Mei 2009, seluruh Sekolah Dasar di Negeri ini melaksanakan UASBN, termasuk sekolah kami ..SDK St Vincentius Surabaya..di tengah-tengah kegiatan UASBN pada hari pertama ini sekolah kami mendapat motivasi dari pemerhati anak ...mendapat kunjungan dari Kak Seto, Bpk Zainal Arifin, Bpk Nuryanto dan stafnya dari pihak Dinas Pendidikan Prop Jatim (Ka Bidang TK-SD )...sungguh suatu kehormatan bagi kami...dan memberi dorongan semangat bagi siswa-siswi kami yang menjalankan UASBN...Semoga dengan motivasi ini siswa-siswi kami dapat mengerjakan soal- soal dengan baik..dan lulus semua dengan nilai yang baik...Tuhan Beserta Kita...anak- anakku..

Peningkatan SDM bagi KS, Guru, dan Karyawan



Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2009 yang lalu Pemerintah mencanangkan sebuah jargon Peningkatan dan pemberdayaan di bidang SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI, untuk pemberdayaan itu semua dibutuhkan SDM yang unggul, trampil, dan trengginas. Menyadari itu semua kami dari pihak manajemen sekolah menyadari demi peningkatan SDM dan pelayanan kepada peserta didik di SDK St Vincentius Surabaya, dilakukan tes kinerja bagi KS, Guru, dan Karyawan, tepatnya pada hari Sabtu, 9 Mei 2009 yang lalu. Pihak Yayasan St Louisa melalui Sr pengurus sekolah sangat peduli akan peningkatan SDM "anak asuhnya " dan sangat peka terhadap perkembangan jaman sehingga perlu diadakan kegiatan tersebut di atas. Semoga memalui tes kinerja baik secara interview maupun tulis ini memberikan warna yang positif bagi peningkatan mutu di sekolah kami. Semoga terjadilah .

Senin, 27 April 2009

TERIMA KASIH TUHAN ATAS BERKAT-MU



Hari Sabtu tanggal 25 April 2009 yang lalu, CARREFOUR Bubutan Surabaya, mengadakan lomba Fashion Show anak- anak dalam rangka Hari Kartini 2009. yang diikuti anak-anak TK dan SD se Surabaya. ( usia 04 - 12 Tahun )...Berkat Tuhan senantiasa ada pada anak-anak kami SDK St Vincentius Surabaya, dari kegiatan tersebut kami menyabet 3 juara al: juara ke-2, dan 2 juara favorit...Luar biasa, Brenda, Cikita,dan Adelin calon-calon Miss Indonesia, ataupun Miss Universe..Proficiat anakku..
JIKA SESEORANG INGIN MENCAPAI PRESTASI BESAR DAN BERGUNA BAGI BANYAK ORANG SERTA DIKENANG MELEBIHI USIA HIDUPNYA DI DUNIA, IA HARUS BEKERJASAMA DENGAN ORANG LAIN.
AYO KITA SEBAGAI ORANG TUA YANG BIJAK " MENGGIRING " ANAK KITA AGAR DAPAT MENUJU KEDEWASAAN YANG BERTANGGUNG JAWAB...SETUJU KAN.