Senin, 05 September 2011
CONTOH RPP MATEMATIKA
Contoh RPP PPR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK SANTO VINCENTIUS
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
I. Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar :
1. Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2. Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
3. Menunjukkan sikap bersaudara dengan teman dan berperilaku jujur
III. Indikator Ketercapaian Kompetensi Dasar (Hasil Belajar) :
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Membuat tabel data kelipatan bilangan
2. Menemukan konsep (rumus) kelipatan bilangan
3. Mendeskripsikan kelipatan bilangan
4. Membuat tabel data faktor bilangan
5. Menemukan konsep (rumus) faktor bilangan
6. Mendeskripsikan faktor bilangan
7. Menentukan kelipatan suatu bilangan
8. Menentukan faktor suatu bilangan
9. Membuat pohon faktor
10. Menentukan faktor prima suatu bilangan
11. Menunjukkan sikap bekerjasama dengan teman dalam kegiatan kelompok
12. Menunjukkan sikap jujur dalam melakukan kegiatan mencari data
13. Menunjukkan sikap jujur (tidak nyontek) pada saat ulangan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa menemukan konsep kelipatan dan faktor bilangan dan dapat menggunakan untuk memecahkan masalah;
2. Siswa bersaudara dengan teman (sesama) dan jujur (tidak nyontek pada saat ulangan)
V. Materi Pelajaran, Alat pendukung pembelajaran dan Metode
Materi Pelajaran Alat Pendukung pembelajaran Metode pembelajaran
Kelipatan bilangan Biji sawo (kelereng), kotak (wadah) • Percobaan, dinamika kelompok, tugas mandiri
Faktor bilangan
VI. Ringkasan Pembelajaran
Pert ke Kegiatan Pembelajaran waktu
1 Eksperimen untuk menemukan konsep kelipatan bilangan 2 jp
2 Eksperimen untuk menemukan konsep faktor suatu bilangan 2 jp
3 Diskusi informasi untuk menemukan cara mencari kelipatan dan faktor bilangan 2 jp
4 Pendalaman materi kelipatan dan faktor bilangan 2 jp
5 Evaluasi, Refleksi dan Aksi 2 jp
VII. Kegiatan Pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran diharapkan siswa :
1. Mendapatkan pengalaman belajar : menemukan sendiri konsep matematika yang dipelajari, yang dapat merangsang rasa puas dan bangga, sehingga dapat memacu siswa untuk senang belajar matematika;
2. Mengalami persaudaraan yang menyenangkan, sehingga siswa dengan senang hati dapat menghayati nilai persaudaraan dalam kehidupannya;
3. Mengalami perasaan puas dan bangga berperilaku jujur dalam setiap kegiatan.
Agar siswa dapat mengalami pengalaman ini, maka dalam kegiatan pembelajaran ada kegiatan eksperimen dan kegiatan kelompok yang memungkinkan siswa saling bekerjasama dan saling membantu.
VII.1. Pertemuan 1 : Eksperimen untuk menemukan konsep kelipatan bilangan
a. Pendahuluan (5 – 10 menit)
Doa dan jabat tangan dengan teman sebelahnya dan mengkondisikan kelas siap belajar
Informasi tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
Informasi langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti (50 – 60 menit)
Siswa masuk kelompok 4, tiap kelompok mendapatkan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan percobaan, seperti yang tertulis di LKS 1.
Siswa dalam kelompok melakukan percobaan (dengan bimbingan guru) seperti yang tertulis di LKS 1, menuliskan data hasil percobaan di tabel.
Siswa dalam kelompok mendiskusikan (dengan bimbingan guru) data hasil percobaan dan menyimpulkan konsep “kelipatan bilangan”
Diskusi kelas (berdasarkan data beberapa kelompok) untuk menegaskan konsep kelipatan bilangan.
Contoh penerapan (menghitung) kelipatan bilangan.
c. Kegiatan Penutup (5 – 10 menit)
Penegasan dari guru, tentang konsep kelipatan bilangan
Rugas terstruktur menghitung kelipatan bilangan.
Doa dan jabat tangan untuk mengakhiri kegiatan belajar.
VII.2. Pertemuan 2 : Eksperimen untuk menemukan konsep faktor bilangan
a. Pendahuluan (5 – 10 menit)
Doa untuk mengawali kegiatan belajar, jabat tangan dengan teman sebelahnya dan mengkondisikan kelas siap belajar;
Cek tugas terstruktur (di rumah)
Informasi langkah-langkah kegiatan belajar
b. Kegiatan Inti (50 – 60 menit)
Siswa masuk kelopok 4, menerima bahan untuk kegiatan belajar di kelompok, sesuai LKS 2;
Siswa di kelompok melakukan percobaan sesuai LKS 2, mencatat hasilnya di tabel;
Siswa mendiskusikan hasil percobaan di kelompok (dengan bimbingan guru), untuk menemukan konsep faktor suatu bilangan;
Diskusi kelas (dengan data beberapa kelompok) untuk penegasan konsep “faktor dari suatu bilangan”;
Diskusi kelas membahas contoh cara menghitung faktor suatu bilangan;
c. Penutup (5 – 10 menit)
Penegasan dari guru tentang konsep faktor suatu bilangan;
Penugasan di rumah (terstruktur) menghitung faktor bilangan;
Doa penutup, jabat tangan.
VII.3. Pertemuan 3 : Diskusi informasi untuk menemukan cara menentukan kelipatan dan faktor bilangan
a. Pendahuluan
Doa untuk mengawali kegiatan belajar, jabat tangan dengan teman sebelahnya dan mengkondisikan kelas siap belajar;
Cek (koreksi) tugas terstruktur di rumah
Informasi langkah-langkah kegiatan belajar
b. Kegiatan Inti (50 – 60 menit)
Diskusi informasi menemukan cara-cara menentukan kelipatan bilangan
Diskuri informasi menemukan cara-cara menentukan faktor suatu bilangan
Diskusi informasi membahas contoh perhitungan kelipatan dan faktor bilangan
Tugas mandiri menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
c. Penutup (5 – 10 menit)
Penegasan kembali cara menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
Penugasan di rumah, kelipatan dan faktor suatu bilangan
Doa penutup, jabat tangan.
VII.4. Pertemuan 4 : Pendalaman materi kelipatan dan faktor bilangan
a. Pendahuluan (5 – 10 menit)
Doa untuk mengawali kegiatan belajar, jabat tangan dengan teman sebelahnya dan mengkondisikan kelas siap belajar;
Cek (koreksi) tugas terstruktur di rumah
b. Kegiatan Inti (50 – 60 menit)
Siswa masuk kelompok 4
Siswa diskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal latihan yang sudah disiapkan (guru mengamati dan membimbing kegiatan masing-masing kelompok);
Setelah beberapa menit (10 menit) guru meminta salah satu atau dua siswa menuliskan perkerjaannya di papan tulis. Hasilnya di bahas dalam diskusi kelas.
c. Kegiatan Penutup
Penegasan kembali cara-cara menentukan kelipatan dan faktor bilangan;
Penugasan di rumah untuk persiapan ulangan;
Penjelasan persiapan ulangan;
Doa dan jabat tangan untuk mengakhiri pembelajaran
VIII. Evaluasi
a. Evaluasi ketrampilan (Indikator 1, 2, 3, 4, 5, 6).
Diamati pada saat siswa melakukan percobaan, mengolah data untuk menarik kesimpulan, merumuskan konsep.
b. Evaluasi sikap (Indikator 11, 12, 13).
Kerjasama : diamati sikap siswa (kerjasama, membantu teman, menghargai teman, …) pada saat siswa melakukan kegiatan di dalam kelompok;
Jujur : diamati pada saat siswa melakukan percobaan (mencari data), pada saat ulangan
c. Evaluasi kompetensi akademik (materi), 1 jam pelajaran (Indikator 7, 8, 9, 10).
Evaluasi secara lisan, dengan imla (mencongak) pada saat proses pembelajaran;
Evaluasi tertulis : soal-soal sebaiknya diambilkan dari soal-soal yang sudah digunakan untuk latihan (pendalaman) dengan beberapa modifikasi yang diperlukan. Soal evaluasi dan norma penilaian (rubric penilaian) terlampir.
IX. Refleksi dan Aksi (1 jam pelajaran)
a. Refleksi
Dalam kegiatan untuk menemukan pengertian (konsep) tentang kelipatan dan faktor, apakah kamu sudah bekerjasama dengan baik ? Sebutkan jenis kerjasamamu !
Apakah dalam kegiatan di kelompok, kamu sudah membantu temanmu yang mengalami kesulitan dengan senang hati ? Sebutkan yang kamu lakukan !
Bagaimana perasaanmu, jika di kelompokmu ada teman yang malas diajak belajar ? Mengapa ?
Menurut pendapatmu, apa saja manfaat yang kamu peroleh lewat kegiatan bersama di kelompokmu ?
b. Aksi
Apa yang akan kamu lakukan, agar kerjasama di kelompokmu semakin berguna dan membantu kamu dalam memahami materi pelajaran ?
Apa yang akan kamu lakukan, agar kelompokmu semakin kompak dan giat dalam belajar matematika ? Sebutkan !
Mengetahui …………….., …………… 2011
Kepala Sekolah, Guru matapelajaran / kelas …………
……………………….. ……………………………………….
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar