Jumat, 18 April 2008

Sekilas Info


VIRUS .... VIRUS......dan VIRUS
Kalau beberapa tahun lalu, kita tidak begitu pusing memikirkan soal virus, pada saat ini semua pemakai computer dan pengendali jaringan betul-betul direpotkan oleh adanya virus. Variasi virus sudah sangat banyak, setiap bulan virus baru berseliweran dengan metode canggih, dan tingkat produktivitas pembuat virus betul-betul diluar dugaan. Dan lebih hematnya lagi, virus-virus tersebut mampu membuat jaringan computer mati dan tidak dapat digunakan lagi.
Kehebatan virus yang sudah berjangkit tiga tahun belakangan ini, ditambah dengan kemampuan untuk menggandakan diri melalui e-mail, sehingga jumlahnya menjadi jutaan dan mampu melumpuhkan jaringan computer dalam seketika. Virus yang biasanya selalu ditumpahkan ke e-mail biasanya akan menjadi aktif kalau menggunakan program standar dari Microsoft Windows, misalnya Outlook Express. Dan sialnya, produk Microsoft ini banyak sekali kelemahannya, sehingga dengan mudah virus masuk ke sistemnya. Maka ada baiknya kita mulai melirik penggunaan e-mail yang bukan dari standar Microsoft, karena walaupun fungsinya sangat lengkap, tetapi sistemnya rentan terhadap penyeranagan virus.
Varian virus saat ini lebih dimeriahkan lagi dengan beredarnya spammer, yaitu orang mengirim e-mail secara bulk atau secara ramai-ramai tanpa pernah mengenal orang yang dikirimnya. E-mail spammer dikombinasikan dengan keberadaan virus dalam sistemnya menyebabkan “kehancuran” jaringan computer yang ada.
Keberadaan virus ini sangat mengkhawatirkan karena virus ini tidak hanya berjangkit pada satu titik saja, tetapi dari semua titik dan semua IP yang digunakan, sehingga pelanggan dial-up pun menjadi penyebar virus. Apalagi teknologi dial-up sudah memungkinkan untuk menyalurkan bandwidth yang cukup besar.
Dalam satu pemantauan, didapat angka yang cukup mengkhawatirkan. Lebih dari 35% trafik e-mail disebabkan oleh spam dan virus e-mail. Sehingga secara empiris kita dapat menyebutkan pemakaian bandwith oleh e-mail yang sia-sia jumlahnya sepertiga dari total. Balum lagi dihitung virus yang menyerang web yang juga mampu menghancurkan akses internet. Secara keseluruhan, mungkin lebih dari 40% utilisasi bandwith di internet berantakan karena adanya virus ini. Sehingga kerugian yang tidak nyata ini sangat mempengaruhi bisnis pelayanan jasa akses internet.
Cerita tentang polisi yang menangkapi pembuat virus dan kejahatan di internet juga menjadi sangat menarik. Sementara SCO dan Microsoft masih mencari pembuat virusnya, di bulan Februari lalu polisi di Belgia berhasil menangkap pembuat virus Yaha Worm yang cukup menghebohkan pemerinta Pakistan. Ternyata pembuatnya adalah seorang gadis dengan menggunakan nama keren di internet ”Gigabyte”.
Proses hukumya sedang berjalan dan kalau terbukti bersalah, Gigabyte akan dimasukkan sel selama tiga tahun dan denda sampai US$127.000! Dari pihak kepolisian Belgia didapat informasi bahwa gadis itu sudah dilepas dari penyidikan dan polisi tetap memegang bukti berupa 5 buah komputer dan menutup web site Gigabyte yang dikendalikan dari kota Machelen, 30 km arah utara Brussel.
Keberhasilan polisi Belgia menangkap Gigabyte disebabkan oleh keberanian Gigabyte memasukkan teknik-teknik pembuatan virus dan variannya di web site. Kepala kepolisian sangat menyayangkan perbuatan yang temasuk sia-sia ini.
Popularitas Gigabyte ini sudah sampai di televisi TechTV yang dalam siarannya selalu menayangkan kemajuan TI. Gigabyte dianggap pahlawan dalam dunia TI, karena masih jarang wanita yang berkeliaran membuat virus dan kepandaiannya setara dengan pria. Gigabyte mulai menulis program sejak umur 6 tahun, mulai membuat virus sejak umur 14 tahun, dan orang kedua yang mampu membuat virus dengan bahasa C-sharp dari .net Microsoft pada usia 18 tahun.
Memang kita tidak dapat mengharapkan polisi atau penegak hukum mencari dan menangkap para pembuat virus tersebut. Tetapi kelihatannya kita sudah berhati-hati sewaktu masuk ke jaringan internet, karena berbeda dengan yang dulu-dulu. Jika anda belum mencoba menggunakan linux, melengkapi diri dengan antivirus merupakan yang terbaik, dan tetap berhati-hati jika menerima e-mail dari orang yang tidak dikenal, terutama jangan membuka file-file yang dicurigai membawa virus.
By ; Anakku mbarep

1 komentar:

Ensuring beautiful moments -keuangan mengatakan...

selamat siang pak, salam kenal
saya adalah alumni angkatan th82 kelas c
mohon informasi mengenai nama teman-2 saya dulu yang sekelas karena banyak yang lupa (beberapa yg saya ingat: parada, nurman, deni, didik, yudha paulus, sandra,yamin). saya berniat melakukan reuni dengan mereka. sekarang saya di jakarta. terima kasih sebelumnya